Widget HTML #1

Fungsi Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Komponennya

Fungsi Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Komponennya. Fungsi alat ini adalah untuk merekam aktifitas yang ada di ruang pilot, bunyi mesin, suara dikabin dan berbagai bunyi lain yang ada di pesawat yang terbagi dalam 4 channel, yaitu mic monitor, pilot, co- pilot, dan extra audio.

Fungsi Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Komponennya

Komponen Cockpit Voice Recorder (CVR)

CVR disusun dalam sebuah box yang terdiri dari beberapa komponen yaitu, Underwater Locator Beacon, tape deck assembly, armored enclosure, dust cover assembly, shock mount assembly, chassis and electronics.

1. Underwater Locator Beacon

Apabila pesawat mengalami kecelakaan dan jatuh ke air, maka beacon inilah yang akan mengirimkan sinyal ultrasonik yang tidak dapat didengarkan oleh telinga manusia, tetapi dengan menggunakan sonar atau akustik lokasi. Pada beacon terdapat submergence sensor yang bila terkena air akan mengaktifkan beacon.

2. Tape Deck Assembly

Alat ini Terdiri dari seluruh komponen untuk menjalankan atau menggerakan pita magnetik yang berisi rekaman terakhir, terdapat komponen pencatatat dan komponen penghapus pita. Sesuai dengan desainnya, pita yang berbahan polymide base magnetic dengan panjang adalah 230 feet (70.104 m) yang setara dengan 30 menit perekaman dengan lebar pita 6,35 mm. Tape Deck Assembly juga berisi komponen atau sensor untuk merasakan kondisi end of tape untuk secara otomatis membalikan arah pita (reverse) dan bulk erase dapat digunakan untuk menghapus pita setelah penerbangan terakhir.

3. Armored Enclosure

Alat ini didesain untuk melindungi alat rekaman dari efek panas ke komponen mekanik dan menghadapi lingkungan thermal pada waktu kondisi pesawat hancur. Armored Enclosure dibuat dengan kulit lapisan baja pada bagian luar untuk penetrasi dan pelindung dari hantaman keras. Dan dengan thermal isolasi di dalamnya. Bagian luar Armored Enclosure dilapisi dengan cat yang melindungi dari api.

4. Dust Cover Assembly

Alat ini berupa kotak yang terbuat dari bahan stainless yang melindungi pada bagian terluar pada CVR. Pada bagian depannya terdapat panel sebagai koneksi antara CVR dengan pesawat. Dapat melindungi dari suhu dan tekanan pada kondisi tertentu saja sedangkan pada kondisi sangat ekstrim, Dust Cover Assembly ini tidak lebih kuat dibandungkan dengan Armored Enclosure, dengan kata lain perlindungan pada alat perekaman terletak pada bagian Armored Enclosure.

5. Shock Mount Assembly

Alat ini adalah sebuah komponen tambahan yang dipasang pada bagian bawah sebagai alat peredam guncangan pada CVR. Chassis Assembly adalah alat pendukung yang menghubungkan CVR dengan bagian Shock Mount Assembly.

6. Electronics Component

Komponen elektronik ini dikemas ke dalam 3 bagian circuit yang terpisah yang dimasukan ke dalam Chassis Tape Recorder. Jadi komponen elektronik ini berada di sebelah komponen Tape Recorder Komponen elektonik ini terdiri dari 3 bagian yang biasa disebut A1, A2, A3. Pada bagian A1 terdapat rangkaian Erase, Record, Bias Assembly.Bagian A2 terdapat rangkaian Repro Monitor, Self Test Assembly. Dan terakhir pada bagian A3 terdapat rangkaian Power Supply, Regulator, Motor Control.

Referensi
http://www.academia.edu/8748301/BAB_III_COCKPIT_VOICE_RECORDER