Widget HTML #1

Fungsi Serune Kalee Sebagai Alat Musik Tradisional Aceh

Fungsi Serune Kalee Sebagai Alat Musik Tradisional Aceh. Serune Kalee memegang peranan penting dalam berbagai pertunjukan kesenian diberbagai upacara, serta acara lainnya yang merupakan hiburan bagi masyarakat aceh. Alat musuik ini berbentuk bulat lurus yang memanjang yang pada bagian atas berbentuk kecil kemudian membesar hingga ujung pada bagian bawah pada bagian tubuhnya terdapat lubang-lubang kecil untuk jari-jari, dan pada bagian bawah berbentuk seperti kelopak teratai. Serune Kalee merupakan alat jusik yang mirip dengan terompet yang berasal dari Aceh  yang dimainkan sebagai instrumen utama dalam sebuah pertunjukan musik tradisi di Aceh, diiringi geundrang, rapai, dan sejumlah instrumen tradisional lainnya.

Fungsi Serune Kalee Sebagai Alat Musik Tradisional Aceh
foto : arsipelagong.com

Alat ini berperan dalam membawakan lagu yang cenderung insrumentalie, yang dimainkan dengan alunan suara yang terus menerus. Yang dimainkan dengan cara ditiup dengan mengambil nafas dari mulut hidung serta leher.  Biasanya dalam memainkan alat musik ini pemain menggunakan pakaian adat dalam pertunjukan maupun acara resmi.

Untuk menghasilkan suara yang indah pemain harus mempunyai gigi yang utuh serta memiliki pernafasan yang kuat kemudian  jari-jari kedua tangan mengatur tinggi dan rendahnya nada.

Alat Musik Tradisional Serune Kalee terbuat dari bahan kayu, yangmana kayu yang dipilih sebagai bahan dasarnya adalah yang memiliki karakter kuat dan keras, sekaligus ringan. Sebelum dibuat, kayu tersebut terlebih dahulu direndam selama tiga bulan. Setelah fase perendaman selesai, selanjutnya kayu dipangkas sehingga yang tersisa hanya bagian yang disebut sebagai ‘hati kayu’. kemudian di bor dan dibubut untuk membentuk lobang dengan diameter sekitar 2 cm. Setelah tercipta rongga, selanjutnya adalah tahap membuat lubang-lubang nada, yakni 6 lubang di bagian muka-atas sebagai interval nada, dan 1 lubang di bawah sebagai syarat terciptanya suara khas dari Serune Kalee.

Terima kasih telah berkunjung ke Tabriiz.id

Dikutip dari berbagai sumber